I. LATAR BELAKANG
Pembinaan dan
pengembangan olahraga merupakan bagian upaya peningkatan kualitas sumber daya
manusia. Di Indonesia pembinaan ini diarahkan pada peningkatan jasmani, mental,
rohani, membentuk watak dan kepribadian, disiplin dan sportivitas tinggi guna
meningkatkan prestasi yang dapat membangkitkan rasa kebanggaan nasional.
Bola volly sebagai salah satu olahraga yang popular baik
ditingkat Internasional maupun nasional, dalam perkembangannya saat ini banyak
digemari oleh masyarakat Indonesia baik masyarakat umum maupun kalangan
mahasiswa. Hal ini terbukti dengan makin banyaknya kejuaraan Bola Volly yang
diadakan baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional.
Desa Jati bermaksud menyelenggarakan Turnamen Bola Volly Antar RT Se-Desa Jati. Pada turnamen ini dapat diharapkan menjadi ajang ukur kemampuan Bola Volly di kalangan masyarakat.
Desa Jati bermaksud menyelenggarakan Turnamen Bola Volly Antar RT Se-Desa Jati. Pada turnamen ini dapat diharapkan menjadi ajang ukur kemampuan Bola Volly di kalangan masyarakat.
II. TUJUAN
1.
Meningkatkan prestasi dan memupuk
sportivitas masyarakat Se-Desa Jati
2.
Meningkatkan tali persaudaraan dan
hubungan antar RT se-Desa Jati
3.
Mendorong peran serta aktif
masyarakat Indonesia dalam meningkatkan prestasi Bola Volly.
III. TEMA KEGIATAN
Tema
kegiatan ini adalah “TURNAMEN BOLA VOLLY ANTAR RT SE-DESA
JATI 2012″
meningkatkan harkat, martabat, prestasi bola volly Indonesia Menuju kemandirian
dan profesionalisme”.
IV. WAKTU DAN TEMPAT
Tanggal : 22 Juli-15 Agustus
2012
Tempat : Lapangan Alun-alun Tarogong (2) , Lapangan Doyong (1)
Lapangan Jati Kuda(1) = 4 Lapangan Volly
V. SUSUNAN ACARA / KONSEP PERTANDINGAN
1. Peraturan Umum
- Peserta pertandingan adalah satuan RT yang berada di kawasan Desa Jati Kecamatan tarogong Kaler, yang terdiri dari 7 RW dan setiap RW ada 7 RT, jadi total maksimal ada 49 RT
- Pemain adalah masyarakat asli Desa Jati, baik laki-laki maupun perempuan dengan dibuktikan dengan KTP.
2. Peraturan Khusus
- Pemain wajib menggunakan pakaian olahraga.
- Pemain wajib mentaati peraturan yang dibuat panitia pelaksana.
- Dalam hal terjadi keributan, maka kedua Tim dinyatakan gugur dan tidak diperkenankan mengikuti pertandingan berikutnya.
- Jika terjadi terdapat Tim yang tidak hadir tepat pada waktunya, maka panitia pelaksana menunggu selama 20 (dua puluh) menit. Jika tidak hadir maka dinyatakan kalah WO.
- Kapten Tim wajib mengisi susunan pemain dan menyerahkan kepada panitia pelaksana 5 (lima) menit sebelum pertandingan.
- Hal-hal lain yang belum diatur dalam peraturan ini akan ditentukan pada saat pertandingan berdasarkan kesepakatan dari semua Tim yang bertanding.
3. Petunjuk Teknis
- Sistem pertandingan menggunakan sistem gugur dengan sistem pertandingan “ The Best of Three“ (dua kali kemenangan ).
- Pada babak final menggunakan sistem “ The Best of Five “ ( tiga kali kemenangan ).
- Nilai menggunakan skor 25 (duapuluh lima ) , rally point , deuce pada kedudukan 24 , dicari selisih 2 (dua).
- Khusus pada partai final , jika kedudukan 2 – 2 , maka pada game penentuan skor 15 (lima belas ) rally point. deuce pada kedudukan 14 (empat belas ).
- Time out otomatis (tanpa diminta) pada kedudukan nilai 8 (delapan) dan 16 (enam belas) dengan masing – masing tambahan 1 (satu) kali setiap tim. Khusus pada game terakhir ( dengan point 15 , time out otomatis pada kedudukan 5 (lima) dan 10 (sepuluh) dengan masing – masing tambahan 1 (satu) kali tiap tim.
- Bola pertama ( dari Servis ) tidak ada pukulan ganda (double).
- Saat servis bola menyentuh net dan menyeberang ke daerah lawan dianggap sah.
- Pemain boleh menggunakan seluruh anggota badan dengan sengaja.
- Pemain belakang ( termasuk tosser ) tidak boleh menyeberangkan bola di daerah serang dengan cara melompat.
- Keputusan wasit mutlak.
- Setiap tim harus mengirim satu personil sebagai lines man ( hakim garis)
4. Bagan Pertandingan
Ket:
- Jumlah pertandingan dalam satu bagan sampai semi final ada 43 Pertandingan. Jadi Jumlah pertandingan untuk Putra 43 dan Putri 43. Jadi Total pertandingan sampai semi final ada 86 Pertandingan.
- Pertandingan dilaksanakan mulai tanggal 22 Juli sampai 15 Agustus 2012. Jumlah Lapangan yang tersedia 4. Untuk Putra di Lapangan Alun-alun dan Putri di Lapangan Doyong dan Jati Kuda. Kecuali final.
- Jumlah pertandingan sampai semi final dilaksanakan pada tgl 22 Juli- 12 Agustus, pada pukul 13.00-17.00 dengan 3 pertandingan tiap harinya.
- Final dan perebutan juara ke-3 dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus di Lapangan Alun-Alun.
- Jika ada halangan Pertandingan dikarenakan ada gangguan seperti Hujan dan lain sebagainya maka pertandingan dilanjutkan esok harinya mulai pukul 08.00 hingga selesai.
VI. PENGHARGAAN
1. Putra
a.
Juara 1
-
Uang Cash Rp. 5.000.000
-
Domba Garut
-
Bola Volly 3 buah
b.
Juara 2
-
Uang Cash Rp. 3.000.000
-
Bola Volly 2 buah
c.
Juara 3
-
Uang Cash Rp. 1.000.000
-
Bola Volly 1 buah
2. Putri
a.
Juara 1
-
Uang Cash Rp. 5.000.000
-
Domba Garut
-
Bola Volly 3 buah
b.
Juara 2
-
Uang Cash Rp. 3.000.000
-
Bola Volly 2 buah
c.
Juara 3
-
Uang Cash Rp. 1.000.000
-
Bola Volly 1 buah
VII. SUSUNAN KEPANITIAN
Penanggung Jawab : Irvan Kurnia S
Ketua Pelaksana :
Encep Saeful Kamal
Wakil : Ricky Ismiawan
Seketaris : Santy
Bendahara
: Amoy
Seksi Acara : Yeni
Vivi
Chandra
Dokumentasi : Bianca
Freddy
Perlengkapan :
Kevin
Melya
Dena
Konsumsi :
Mari
Yohana
Koordinator Umum :
Aldi
Rudi
Susi
Perlengkapan : Sandy
Arizal
Mufti
VIII. Anggaran Biaya
A . Pemasukan
1. Dana dari Desa :
Rp 5.000.000
2. Dana dari
Kecamatan : Rp 5.000.000
3. Dana dari
Peserta : Rp 9.200.000
4. Dana dari
Mizone : Rp 3.000.000
5. Dana dari Telkomsel : Rp 3.000.000 +
Rp 25.200.000
B. Pengeluaran
1. Uang Cash
Juara : Rp 18.000.000
2. Domba Garut : Rp 1.200.000
3. Komsumsi : Rp 500.000
3. P3K : Rp 200.000
5. Gaji Panitia :
Rp 2.000.000
6. Gaji Wasit : Rp 2.000.000
7. Perlengkapan Pertandingan : Rp
1.000.000+
Rp 24.900.000
Saldo : Rp. 300.000 buat disumbangkan
IX. PENUTUP
Demikianlah proposal ini dibuat dalam rangka Turnamen Bola Volly Antar RT Se-Desa Jati 2012 dengan harapan agar dapat meningkatkan daya saing dan tercipta pemikiran positif dari kalangan masyarakat umum sehingga kegiatan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi semua pihak.
Garut, 15 Juli 2012
Kelurahan Desa Jati
Ketua Ketua
Pelaksana Sekretaris
Dadang Sudrajat Encep Saeful Kamal Santy
terima kasih banyak gan
BalasHapussangat membantu dan bermanfaat
sangat ok
BalasHapus