Rabu, 15 Mei 2013

Waktu-waktu yang baik dan buruk untuk Tidur

Kapan dan berapa lama Waktu yang Efektif untuk Tidur yang Berkualitas?

Manajemen waktu untuk tidur sangatlah penting, karena apabila pola waktu tidur kita sudah teratur, dan proporsional, maka kebutuhan tubuh kita untuk tidur, dan beraktivitas, akan menjadi teratur, sehingga kesehatan fisik dan psikis akan menjadi baik. Dalam manajemen waktu untuk tidur kita harus memperhatikan dan mempertimbangkannya dengan aktivitas kita, misalkan untuk tidur malam kita tidur dari pukul 21.00 sampai 03.00 kemudian untuk tidur siang dari pukul 13.00 sampai 14.00. Itu semua disesuaikan dengan aktivitas dan keluangan waktu kita, jangan sampai waktu untuk tidur digunakan untuk beraktivitas, pun demikian waktu untuk beraktiitas digunakan untuk tidur, karena selain berdampak buruk bagi kesehatan bisa berdampak buruk juga pada aktivitas sehari-hari kita.
Dalam manajemen waktu tidur, harus diperhatikan mengenai kapan waktu-waktu untuk tidur, karena pada sebagian waktu ada larangan untuk tidur, karena sangat tidak baik bagi kesehatan fisik, dan psikis,  waktu yang buruk untuk tidur diantaranya tidur ketika waktu pagi, dan ketika waktu sore, karena tidur pagi hari dapat menyebabkan :
  1. Tidur pagi menaikan kadar darah putih di dalam tubuh kita, menyebabkan rawan kena penyakit kanker darah. Paling parah jam 10 pagi sampai jam 12 siang, jam segitu tuh yang paling bikin ngantuk.
  2. Kata orang tua dulu "Jangan tidur pagi, nanti rezekinya dipatok ayam", lha memang benar, pagi adalah waktu bekerja dan mencari rezeki yang halal. Misalnya buka warung jam 9 pagi, padahal yang mau beli udah ngantri dari jam 7.. lalu si pembeli pada kesal dan akhirnya gak jadi beli.. rezeki pun hilang.

Dan tidur sore hari dapat menyebabkan:
  1. Tidur sore mempunyai resiko terkena sakit liver, apalagi yang mempunyai histori hepatitis. 
  2. Tidur sore menurut penelitian, bisa menyebabkan gila. Berawal dari linglung, bingung, kemudian gila pelan2. 
  3. Jam 3 sampai jam setengah 7 malam itu matahari mengeluarkan sinar gamma yang berbahaya.
  4. Kata orang dulu "Tidur sore banyak penyakit", betul sekali. Tidur sore sama aja ternak penyakit.

Untuk itu waktu yang tepat untuk tidur siang adalah antara waktu Dzuhur sampai waktu Ashar, cukup 2 jam saja, bahkan Nabi Muhammad SAW suka melakukan tidur siang 15-30 menit itupun sudah cukup dan bisa mengembalikan kondisi tubuh menjadi prima.

Setiap orang berbeda-beda dalam hal intensitas lamanya waktu tidur, baik waktu tidur siang maupun waktu tidur malam. Itu semua disesuaikan dengan intensitas aktivitas sehari-hari, misalkan orang yang sering beraktivitas berat setiap harinya, maka orang tersebut memerlukan waktu tidur malam sangat lama, dikarenakan selama waktu siang aktivitasnya padat dari pagi sampai sore, sehingga waktu tidurnya pun hanya malam saja, pun demikian bagi orang yang suka tidur siang, maka waktu tidur ketika malamnya pun akan menjadi lebih sedikit.

Hasil penelitian Dr. Wilse B. Webb dari laboratorium tidur di University of Florida menunjukkan bahwa 9 dari 10 orang membutuhkan antara 5 sampai 9 jam tidur.  Tentunya ada beberapa orang yang memerlukan tidur hanya 4 jam seperti Benjamin Franklin, Thomas A. Edison, dan Imelda Marcos.  Dan ada juga yang seperti Albert Einstein yang harus tidur paling sedikit 9 jam semalam agar sehat.  Meskipun demikian, kebanyakan orang membutuhkan 7,5 sampai 8,0 jam tidur setiap malamnya.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pola waktu tidur yang sangat baik, adalah pola waktu tidur yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau suka tidur malam lebih awal biasanya sesudah waktu isya, kemudian bangun tengah malam tepatnya 2/3 malam untuk melakukan Shalat Tahajud, dan ketika siang, beliau suka tidur siang sesudah dzuhur antara 15-30 menit. Pola tidur ini sangat baik sekali bagi kesehatan baik untuk kesehatan fisik maupun psikis.

So, apabila anda sudah tahu dan faham mengenai pola tidur yang baik, maka laksanakanlah!!! Karena itu baik sekali bagi anda.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar