Rabu, 30 Oktober 2013

Mengapa harus "Digencet"


Mengapa harus digencet???  Dari kalimat tanya tadi yang sekaligus merupakan judul dari artikel ini, itu merupakan salah satu permasalahan yang sedang saya hadapi dalam menyelesaikan segala tugas, terutama tugas yang berhubungan dengan akademik. Permasalahan saya kalau ada tugas dari dosen ataupun tugas lainnya saya selalu menyelesaikannya dalam satu malam atau istilah trennya SKS (Sistem Kebut Semalam).


Kalau dipikir-pikir lagi SKS ini sangat
tidak baik sekali bagi saya karena bagaimanapun juga kalau tugas dari dosen itu, jika dikerjakan dengan teliti dan tenang maka hasilnya pun akan lebih baik, beda sekali kalau dikerjakan dengan SKS yang terburu-buru dan terdesak, sehingga fokus untuk mengerjakan tugasnya, bukan karena niat mengerjakan tugas dengan baik, tapi niatnya asal tugas beres dan dapat dikumpulkan, sehingga hasilnya pun apa adanya.

Kalau diteliti kebiasaan saya ini sudah mendarah daging sejak saya menginjak Sekolah Dasar (SD). Ketika SD biasanya kalau liburan Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri yang jumlah harinya kurang lebih satu bulan, saya suka diberi tugas dari sekolah berupa soal-soal yang harus dikerjakan. Tetapi dari tahun ke tahun, tugas itu dikerjakannya H-1 atau H-2, padahal waktunya itu satu bulan, tetapi tetap saja saya mengerjakannya pas akhir liburan ketika mau masuk sekolah lagi. Kejadian itu terus berulang tiap tahunnya, padahal di hati saya, hal itu tidak baik dan berniat untuk tidak melakukannya lagi.  Meskipun sudah tahu bahwa hal itu tidak baik dan ingin berubah tetapi tetap saja hal itu terjadi setiap tahunnya. Dari kejadian tadi, kalau dipikir-pikir aku itu termasuk orang yang bodoh , yang tidak belajar dari sejarah, analogi sederhananya seperti saya kemarin ketika mengendarai motor di jalan, saya melewati lubang yang sangat dalam, sehingga saya pun hampir jatuh, dan kejadian kemarin itu terjadi lagi sekarang, sungguh saya termasuk orang yang rugi.


Kebiasaan saya yang jelek ini, dikarenakan apabila ada tugas yang jangka waktunya masih lama, saya suka tenang-tenang saja dan suka menunda-nunda tugas tersebut dikarenakan waktunya masih lama, padahal kalau dikerjakan lebih awal, tentu kita akan lebih tenang dan hasilnya pun akan lebih optimal. Tetapi itulah saya kalau tidak digencet maka tidak akan dikerjakan. Sehingga saya suka mengerjakan tugas dengan SKS sampai sekarang. bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar