A. Nama Kegiatan
Leveling System
“Bermain Kucing-kucingan Dengan Menyundul Bola
(Lempar-sundul, Throwing-heading)”
B. Tujuan
- Kognitif
- Siswa dapat mengetahui strategi dan taktik apa yang harus dilakukan ketika sedang bermain 6 lawan 4
- Siswa dapat berpikir cepat, mengenai langkah yang akan diputuskan , ketika sedang bermain 6 lawan 4
- Psikomotor
- Siswa dapat melakukan, permainan 6 lawan 4, secara benar dan tertib
- Siswa dapat bertindak/bergerak dengan efektif dan efesien, ktika sedang sedang melaksanakan permainan 6 lawan 4
- Afektif
- Siswa dapat bekerjasama dengan teman setimnya, dalam permainan 6 lawan 4
- Siswa dapat bersikap sportif/fairplay, ketika sedang melaksanakan permainan 6 lawan 4
C. Alat Bantu
- Bola
- Cons sebanyak 6 buah
D. Jumlah Pemain
10 orang : 6 lawan 4
E. Formasi
Gambar 1
- Bentuk lapangan, sebenarnya kotak, tetapi pemain diposisikan seperti pada gambar di atas, Lingkaran hitam digunakan supaya pemain biru tersusun dengan rapi sehingga membentuk segi 5
- Untuk formasi tim yang sedang kebagian menguasai bola, maka bentuk formasinya seperti segi 5 atau paragon dengan 1 orang di tengahnya.
- Untuk formasi tim yang sedang tidak kebagian bola / kucing, maka bentuk formasinya seperti segi empat yang dengan kemiringan 45 0
F. Cara memainkan
Gambar 2
Keterangan:
- Tim yang menguasai bola harus memainkan bola dengan cara dilempar dengan tangan, kemudian dioper lagi menggunakan sundulan kepala kepada tmannya.
- Tim yang sedang menjaga/kucing, berusaha merebut bola dengan menggunakan sundulan kepala, tidak boleh menggunakan kaki, hanya kepala saja.
- Tim yang menguasai bola pola permainannya adalah lempar-sundul, lempar-sundul secara terus menerus dan harus bergantian ketika bola dilempar, maka bola itu harus disundul.
- Tim Biru (menguasai dan mengoper bola dengan sundulan kepala)
- Tim Merah (merebu bola / kucing)
- Pemain 3 biru boleh mengoper bola ke teman timnya seperti 1,2,4,5, dan 6
- Masing-masing pemain tim biru, hanya boleh mengejar/merebut bola di tim merah dengan 1 pemain dan yang lainnya menjaga pemain merah lainnya
- Pemain 1 merah berusaha merebut bola dari 3 biru, dan pemain merah yang lainnya menjaga pemain biru yang lainnya untuk merebut bola, seperti pada gambar di atas yang sudah ditandai dengan tanda panah putus-putus, yang merupakan arah pergerakan suatu pemain.
G. Sumber
Modifikasi dari permainan
sebelumnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar