RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP Pasundan 4 Bandung
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas / Semester : VII / 1
Materi Pokok :
Permainan Bolabasket
Alokasi Waktu :
3 x 40 menit (1 Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
1. Aspek Sikap
a. Siswa dapat
menunjukkan perilaku berdoa sebelum dan sesudah belajar.
b. Siswa dapat
menunjukkan perilaku jujur dalam bermain.
2. Aspek
Pengetahuan
a. Siswa dapat
memahami konsep keterampilan mengoper bola
3. Aspek
Keterampilan
a. Siswa dapat
mempraktikkan keterampilan mengoper bola
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menunjukkan
perilaku berdoa sebelum dan sesudah belajar.
2. Menunjukkan
perilaku jujur dalam bermain.
3. Memahami
konsep keterampilan mengoper bola.
4. Mempraktikkan
keterampilan mengoper bola.
C. Materi
Pembelajaran
1. Fakta
Keterampilan mengoperkan bola.
2. Konsep
Mengoper bola
ð Mengoper
bola adalah memberikan bola kepada teman seregu.
3. Prinsip
Mengoper bola
·
Operan harus tepat sasaran
·
Operan harus mudah ditangkap oleh
teman
4. Prosedur
Mengoper bola
ð Bola
dioper-oper ke teman yang sudah siap menerima bola dengan cara menggunakan satu
tangan, dua tangan, dari samping, dari depan, atau dengan cara yang lainnya.
D. Metode
Pembelajaran
Model :
Inkuiri
Pendekatan :
Taktis
Strategi :
Game-Question-Drill-Game
E. Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
· RPP
· Lembar Penilaian Hasil Belajar
· Lapangan Bolabasket
· Bola basket
|
·
Peluit
·
Buku guru PJOK kelas 7
·
Modul DMP Olahraga Permainan
|
F. Kegiatan
Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Tahapan Pembelajaran Inkuiri
|
Deskripsi
Kegiatan
|
1
|
Awal
(20 menit)
|
1.
Orientasi
|
·
Persiapan pembelajaran PJOK
·
Berbaris dengan 4 berbanjar
·
Mengecek kehadiran
·
Berdoa
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai.
·
Guru menjelaskan garis besar konsep
menguasai bola dan memasukkan bola
|
2
|
Inti
(80 menit)
|
2.
Merumuskan Masalah dan mengumpulkan data
|
Game 1
·
·
Permainan dimulai dari tengah lapangan.
·
5 kali operan sebelum memasukkan bola
·
Skor 1 apabila 5 kali operan, skor 2
apabila 5 kali operan dan bola masuk ke basket, apabila bola masuk ke basket
sebelum 5 kali operan, maka tidak dihitung skornya.
·
Permainan dimulai di tengah lapangan.
·
Permainan berakhir apabila bola masuk ke
basket atau bola ke luar lapangan, kemudian permainan dimulai lagi dari
tengah lapangan.
·
Siswa diberi kebebasan untuk mengoper bola
sesuai dengan kemampuannya.
·
Guru memberikan umpan balik terkait respon
siswa yang kreatif, positif atau negatif.
Questions
Pertanyaan-pertanyaan ini harus dijawab
oleh siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan mempraktikkannya dalam
bentuk tindakan atau kinerja siswa.
1.
Apa tujuan permainan ini?
2.
Apa yang anda dan tim anda lakukan agar
tujuan itu tercapai?
3.
Bagaimana agar teman anda mengoperkan bola
ke anda?
|
3.
Merumuskan Hipotesis dan mengumpulkan data
|
Drill
Drill (latihan) dilakukan setelah game
pertama selesai. Drill dimaksudkan untuk melatih teknik yang menunjang
dalam permainan. Bentuk latihan disesuaikan dengan respon siswa yang positif
atau negatif dalam aspek sikap, pengetahuan, atau keterampilan.
· Siswa
dibariskan 2 baris seperti gambar di samping saling berhadapan
· Baris
pertama mengoper bola ke baris kedua,
· Baris
kedua menangkap bola dengan terlebih dahulu bergerak ke kiri atau ke kanan,
kemudian bola dioper lagi ke baris pertama
· Siswa
diberi kebebasan mengenai cara melakukan operan sesuai dengan kemampuannya
dengan menerapkan prinsip-prinsip mengoper bola
· Guru
memberikan umpan balik terhadap kinerja siswa
|
||
4.
Menguji Hipotesis
|
·
Setelah siswa melakukan drill, siswa
disuruh bermain lagi seperti permainan 1, tetapi pada permainan ini, siswa
harus mempraktikkan keterampilan yang sudah dilatih (drill) tadi.
Game 2
·
·
Permainan dimulai dari tengah lapangan.
·
5 kali operan sebelum memasukkan bola
·
Skor 1 apabila 5 kali operan, skor 2
apabila 5 kali operan dan bola masuk ke basket, apabila bola masuk ke basket
sebelum 5 kali operan, maka tidak dihitung skornya.
·
Permainan dimulai di tengah lapangan.
·
Permainan berakhir apabila bola masuk ke
basket atau bola ke luar lapangan, kemudian permainan dimulai lagi dari
tengah lapangan.
Guru memberikan umpan balik terkait respon
siswa yang positif atau negatif.
|
||
3
|
Akhir
(20 menit)
|
5.
Merumuskan Kesimpulan
|
·
Guru membimbing siswa untuk membuat
kesimpulan mengenai mengoperkan bola sesuai dengan kemampuan siswa.
·
Guru melakukan refleksi terhadap proses
pembelajaran yang sudah dilakukan
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya, apabila ada yang ingin ditanyakan.
·
Guru menutup pembelajaran dengan berdoa dan
salam.
|
G. Penilaian
Hasil Belajar
Sesuai
dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan, maka penilaian hasil belajar harus
mencakup aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Kemudian
teknik penilaian yang digunakan adalah: (1) observasi, (2) tes lisan.
·
Observasi dilakukan ketika
kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Observasi dilakukan untuk
mengukur perkembangan kompetensi siswa pada aspek sikap dan keterampilan.
·
Tes lisan dilakukan ketika
kegiatan akhir. Tes lisan ditujukan untuk mengukur perkembangan kompetensi siswa
pada aspek pengetahuan.
1. Teknik Penilaian
Aspek Afektif
Teknik penilaian yang digunakan adalah observasi, dengan
menggunakan format observasi.
Contoh format observasi:
No.
|
Nama Siswa
|
Berdoa
|
Jujur
|
Skor
|
Mengoper bola 5 kali sebelum memasukkan
bola ke basket
|
||||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
Keterangan:
·
Berikan tanda cek (√) pada kolom
yang sudah disediakan apabila siswa menunjukkan atau menampilkan sikap yang
diharapkan.
·
Untuk setiap item, jika
siswa menunjukkan atau menampilkan sikap yang diharapkan, maka nilainya 50, dan
jika siswa tidak menunjukkan atau menampilkan sikap yang diharapkan, maka
nilainya 30.
·
Skor maksimal yang diperoleh
siswa adalah 100.
2. Teknik
Penilaian Aspek Kognitif
Teknik penilaian yang digunakan adalah tes lisan, dengan cara
bertanya langsung kepada siswa secara random. Pertanyaan diberikan kepada siswa
secukupnya 5, 7, atau 10 orang. Setiap siswa diberi pertanyaan yang berbeda.
Untuk siswa yang tidak kebagian tes, maka nilainya disamakan dengan nilai
rata-rata siswa yang sudah melakukan tes.
Contoh pertanyaan:
Pertanyaan
|
Butir
Pertanyaan
|
P1
|
Apa tujuan dari permainan tadi?
|
P2
|
Bagaimana caranya agar tujuan permainan tadi tercapai?
|
P3
|
Apa yang dimaksud dengan mengoperkan bola?
|
P4
|
Bagaimana cara mengoper bola yang baik?
|
P5
|
Sebutkan 3 cara mengoper bola!
|
Deskriptor Penilaian
Pertanyaan
|
Deskriptor
Penilaian
|
Skor
Maksimal
|
||
Deskriptor
1
|
Deskriptor
2
|
Deskriptor
3
|
||
P1
|
Mengoper
bola
|
Lima kali
|
Memasukkan
bola
|
100
|
P2
|
Bola harus cepat-cepat dioper
|
Haris
mencari ruang
|
Memasukkan
bola dekat dengan ring
|
100
|
P3
|
Memindahkan
bola
|
Kepada
teman
|
|
100
|
P4
|
Memberikan
bola ke teman
|
Tepat
sasaran
|
Mudah
diterima
|
100
|
P5
|
Operan
dada / cara yang lainnya
|
Operan
dipantulkan / cara yang lainnya
|
Operan
dengan satu tangan / cara yang lainnya
|
100
|
Keterangan:
·
Skor 100 apabila memuat 3
deskriptor, skor 85 apabila memuat 2 deskriptor, skor 70 apabila memuat 1 deskriptor, dan skor 50
apabila tidak memuat satupun deskriptor.
Format
penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Skor P(n)
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
Dst.
|
|
|
3. Teknik
Penilaian Aspek Psikomotor
Teknik penilaian yang digunakan adalah observasi, dengan
menggunakan format observasi.
Contoh format observasi:
No.
|
Nama Siswa
|
Mengoper bola
|
Jml. Skor
|
|
Operan Tepat Sasaran
|
Operan Mudah Diterima Teman
|
|||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
Keterangan:
·
Berikan tanda cek (√) pada kolom
yang disediakan dari masing-masing item.
·
Untuk setiap item yang
diamati, jika siswa melakukan, maka poinnya 50, dan jika tidak melakukan
poinnya 30
·
Skor maksimal yang diperoleh
siswa adalah 100
Mengetahui
Kepala
SMP Pasundan 4 Bandung,
Drs. Sena, M.Si.
NIP. 196412191986011002
|
|
Bandung, Juli 2016
Guru Mapel PJOK,
Encep
Saeful Kamal
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar