1. Hakekat Belajar
Belajar pada hakekatnya adalah
proses interaksi terhadap semua situasi yang ada disekitar individu. Belajar
dapat dipandang sebagai proses yang diarahkan kepada tujuan dan proses berbuat
melalui berbagai pengalaman. Belajar juga merupakan proses melihat, mengamati,
dan memahami sesuatu (Sudjana, 1989 : 28 ).
Beberapa pengertian belajar yang
di pandang dari tujuan dan proses berbagai pengalaman, diantaranya:
a. Belajar
merupakan suatu proses, yaitu kegiatan yang berkesinambungan yang di mulai
sejak lahir dan terus berlagsung seumur hidup.
b.
Dalam belajar
terjadi adanya perubahan tingkah lakuyang bersifat relatif permanen.
c. Hasil belajar ditunjukan dengan aktivitas-aktifitas tingkah laku
secara keseluruhan.
d. Adanya peranan kepribadian dalam proses belajar antara lain aspek
motivasi, emosional, sikap, dan sebagainya.
2. Landasan Konsep Belajar
a.
Filsafat
Secara filosofis belajar berarti
mengingatkan kembali kepada manusia mengenai makna hidup yang bisa dilalui
melalui proses meniru, memahami, mengamati, merasakan, mengkaji, melakukan, dan
meyakini akan segala sesuatu kebenaran sehingga semuanya memberikan kemudahan
dalam mencapai segala yang dicitacitakan.
b.
Psikologis
Merupakan suatu perubahan prilaku
manusia yang diakbatkan oleh kegiatan belajar tanpa memahami prilakunya sendiri
atau menyadari dia harus berprilaku seperti apa.
c.
Sosiologis
Sebagai mahluk sosial maka dalam
mempelajari lawan besosialisasi, dan teman hidup bersama dapat melalui belajar
sehingga sehinggaa mampu membangun sampai dengan negara dan bangsa.
d.
Komunikasi
Komunikasi dengan pendidikan dalam
proses belajar dan pembelajaran tidak bisa dipisahkan,karena dalam prakteknya
belajar dan pembelajaran adalah proses komunikasi.
3. Proses Pembelajaran
Proses pembelajaran hanya
menerapkan kemamuan dan menggunakan sarana serta mengikuti mekanisme yang telah
diatur dengan baik, dan proses pembelajaran yang telah direncanakan dengan baik
akan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
4. Perkembangan Konsep Dasar Pembelajaran
a. Persiapan
proses pembelajaran menyangkut penyusunan desain (rancangan) kegiatan
belajar-mengajar yang akan diselenggarakan. Di dalamnya meliputi : tujuan,
metode, media, sumber, evaluasi dan kegiatan belajar mengajar.
b. Penyampaian,
Pelaksanaan proses pembelajaran mengambarkan dinamika kegiatan belajar siswa
yang dipadu dan dibuat dinamis oleh guru.
c. Latihan,
adalah proses belajar dengan cara pengulangan. Tahap latihan dalam siklus
pembelajaran berpengaruh terhadap 70% atau lebih pengalaman belajar
keseluruhan. Tujuan proses ini adalah membantu peserta belajar untuk
mengintegrasikan dan menyerap pengetahuan dan keterampilan baru dengan berbagai
cara.
d. Penampilan
Hasil Belajar adalah proses mengubah pengalaman menjadi pengetahuan, pengetahuan
menjadi pemahaman, pemahaman menjadi kearifan, dan kearifan menjadi tindakan.
Tujuan tahap penampilan hasil adalah untuk memastikan bahwa pembelajaran tetap
melekat dan berhasil diterapkan serta membantu peserta belajar menerapkan dan
memperluas pengetahuan dan keterampilan baru mereka pada pekerjaan sehingga
hasil belajar akan melekat dan penampilan hasil akan terus meningkat.
5. Hasil Belajar dari Pembelajaran
a.
Hasil Belajar
Pada dasarnya proses belajar
ditandai dengan perubahan tingkah laku secara keseluruhan baik yang meliputi
segi kognitif, afektif, dan psikomotor. Secara umum hasil belajar dipengaruhi
oleh faktor internal, yaitu faktor-faktor yang ada dalam diri siswa, dan faktor
eksternal, yaitu faktor-faktor yang berada diluar diri peserta didik.
Faktor Internal dari hasil belajar yaitu:
Faktor Internal dari hasil belajar yaitu:
1)
Faktor
fsikologis atau jasmani individu
2)
Faktor
fsikologis baik bersifat bawaan maupun keturunan
3)
Faktor
kematangan baik bersifat fisik maupun fsikis
b. Motivasi menuju hasil proses pembelajaran
Motivasi
merupakan dorongan dalam diri yang mempengaruhi kesiapan untuk memulai
melakukan rangkaian kegiatan dalam suatu prilaku. Motivasi dapat berupa
motivasi intern maupun ekstern.. Menurut jenisnya motivasi dibedakan menjadi
primer dan skunder.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar