A. Landasan Filosofis
Semua aspek yang terkait dengan pengelolaan program pendidikan, seperti Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus ikut terlibat, rumusan tujuan
pendidikan, isi pendidikn, proses
pelaksanaan dan bagaimana cara untuk
mengetahui hasil yang dicapai dari
program pendidikan, semuanya harus didasarkan
pada hasil berpikir secara sistematis, logis
dan mendalam. Pemikiran tersebut dalam filsafat disebut sebagai pemikiran radikal (radic), yaitu hasil
berpikir secara mendalam sampai keakar-akarnya. Menurut Donald Butler dalam
Nana Syaodih “Filsafat memberikan arah dan
metodologi terhadap praktik pendidikan, sedangkan praktik pendidikan memberikan bahan-bahan bagi
pertimbangan-pertimbangan filofofis”. Secara rinci menurut Nasution bahwa filsafat
pendidikan berfungsi:
- Menentukan arah akan kemana siswa harus dibawa (Tujuan)
- Mendapatkan gambaran yang jelas hasil pendidikan yang harus dicapai
- Menentukan isi yang akurat yang harus dipelajari oleh para siswa
- Menentukan cara dan proses untuk mencapai tujuan
- Memungkinkan untuk menilai hasil yang telah dicapai secara akurat
B. Landasan Psikologis
Pendidikan adalah proses interaksi antara individu
manusia dengan manusia lain dan
lingkungannya. Manusia sebagai mahluk individu dan sosial memiliki aspek psikologis yang komplek dan
taraf lebih tinggi dibandingkan dengan
mahluk lain yang memiliki aspek psikologis. Berkat aspek psikologis yang tinggi inilah, maka manusia lebih maju
dan modern dibandingkan mahluk lain.
Menurut Nana Syaodih kondisi psikologis merupakan “karakteristik psiko-fisik seseorang
sebagai individu, yang dinyatakan dalam
berbagai bentuk perilaku dalam interaksi
dengan lingkungannya”. Perilaku tersebut
mencakup perilaku kognitif, afektif, dan psikomotor. Setiap individu siswa
berbeda dan setiap siswa sedang berada
dalam proses perkembangan yang pesat. Oleh karena itu melalui landasan psikologis, program pendidikan harus
mampu memberikan layanan sesuai dengan
perilaku psikologisnya, sehingga dapat mengembangkan potensi para siswa secara optimal.
C. Landasan Sosiologis
Pendidikan diarahkan untuk mempersiapkan para siswa agar menjadi bagian dari anggota
masyarakat. Dalam kehidupan masyarakat
terdapat norma-norma yang harus
diakomodasi oleh program pendidikan, sehingga
dapat melahirkan lulusan yang siap beradaptasi dengan kehidupan masyarakat.
Menurut Nana Syaodih ada tiga alasan penting program
pendidikan menggunalan landasan
Sosiologis, yaitu.
- Pendidikan mengandung nilai dan memberikan pertimbangan nilai yang ada dan diharapkan masyarakat
- Pendidikan bukan hanya untuk pendidikan, tetapi menyiapkan anak untuk kehidupan dalam masyarakat
- Pelaksanaan pendidikan dipengaruhi dan didukung oleh lingkungan masyarakat tempat pendidikan berlangsung.
D. Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
IPTEK adalah dua bidang kajian yang saling melengkapi
dan menyempurnakan. Orang bijak sering
mengatakan bahwa “ilmu bukan sekedar
untuk ilmu”, ilmu pengetahuan diharapkan dapat memberikan sumbangan kepada kehidupan lain yang lebih luas dan praktis, antara lain disebut teknologi.
Menurut Iskandar Alisyahbana “Teknologi ialah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kehidupan manusia dengan bantuan alat dan akal
(hardware dan
software), sehingga sekan-akan memperpanjang,
memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindera, dan otak manusia” (1980). IPTEK
berkembang dengan pesat, kuikulum yang dikembangkan harus peka dan mampu beradaptasi dengan perkembangan yang terjadi. Misalnya dalam menentukan
isi kurikulum harus relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi, bahkan
idealnya dari pengembangan kurikulum
yang dilakukan harus mampu melahirkan ilmu pengetahuan dan teknologi baru. Dengan demikian landasan IPTEK
memiliki dua sisi yang sama -sama penting, yaitu: pertama sebagai masukan
(raw-input) bagi kebijakan dalam
menentukan isi kurikulum, dan kedua untuk melahirkan perkembangan IPTEK yang lebih maju (produk).
Lanjutan dari Dimensi, Fungsi, dan Peranan Kurikulum
Lanjutan dari Dimensi, Fungsi, dan Peranan Kurikulum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar